Minggu, 01 Maret 2015

KOALISI

Menurut KBBI Koalisi adalah : kerja sama antara beberapa partai untuk memperoleh kelebihan suara dl parlemen: kabinet -- itu didukung oleh tiga partai politik yg besar;. Saat ini ada dua kutub koalisi yaitu Koalisi Merah Putih (KMP) yang berisikan Partai Gerindra, Golkar, PKS, PPP (Versi SDA), PAN, dan Demokrat (Kalau mereka bilang penyeimbang itu hanya omong kosong). 

Disisi lain ada Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang berisikan PDIP, NASDEM, PKB, HANURA, dan PPP (Versi Romy). Apa yang membedakan dua kubu ini, yang jadi pembeda adalah posisi mereka saat ini?? KMP Mendominasi Legislatif dan KIH mendominasi Eksekutif, dikarenakan mereka adalah partai pemenang PILPRES yang lalu. 


Dalam hal ini apakah KMP dan KIH sering terjadi konflik??? 

Jawabannya cukup sering, terutama diawal2 masa mereka menjabat. kelakuan mereka ketika memperebutkan kursi pimpinan DPR adalah salah satu yang paling parah yang pada akhirnya dimenangkan oleh KMP. Sebelum perebutan kursi pimpinan DPR ada penentuan Revisi UU Pilkada untuk pemilihan Pimpinan Daerah secara tidak langsung alias melalui DPR/DPRD dimana pada akhirnya dimenangkan oleh KMP juga (Biarpun dalam hal ini seharusnya KIH bisa menang, seandainya Demokrat tidak Walkout).

Tentu Masyarakat sudah terlalu bosan melihat kelakuan bak "anak-anak" dari para wakil rakyat, terutama jika untuk kepentingan mereka dan bukannya kepentingan rakyat khususnya, Lalu bagaimana kondisi 2 kubu saat ini. 

Bisa dibilang baik-baik saja bahkan sangat harmonis, hal ini nampak dalam bulatnya suara mereka untuk mendukung Komjen Budi Gunawan menjadi KAPOLRI menggantikan Bpk Sutarman. Tentu saja pasti ada negosiasi politik yang cantik oleh para aktor dibaliknya. Bahkan PKS yang sebelumnya vokal mengkritik Pemerintah tiba-tiba melunak dan justru memuji Budi Gunawan sebagai orang yang paling kompeten untuk menjadi KAPOLRI. 

Hari-hari ini KMP-KIH terlihat begitu kompak dalam hal ini DPRD khususnya. dalam hak angket yang mereka ajukan ditanda tangani secara bulat alias 100%. Hmm bila dilihat-lihat kekompakan mereka saat ini jelas untuk hal-hal yang seperti ini saja, sangat mengecewakan. Hingga saat ini sendiri saya belum melihat mereka bersuara bulat untuk kepentingan rakyat. 

Jadi Apa Makna Koalisi saat ini.???? 

Makna Koalisi saat ini adalah KOngkalikong Antar poLItiSI. 
Semoga mereka semua sadar kembali akan tugas mereka untuk melayani rakyat bukannya rekening mereka

0 komentar:

Posting Komentar